Sejarah

Tim Relawan Desa Tosora, Bergerak Lawan Penyebaran Virus Covid-19

BERITA WAJO – Tim Relawan Desa Lawan Corona Virus Disease 2019 Desa Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo melakukan Edukasi untuk menghindari penyebaran virus corona (Covid-19), Jum’at, 03/04/2020.

Kegiatan tersebut dilakukan di tiga Dusun yakni: Wajo-wajo, Lece-leceng dan Amessangeng, dengan melibatkan TP-PKK Desa Tosora, UPTD Puskesmas Tosora, Babinsa, Babinkamtibmas, dan Pendamping Desa “Andi Fatimah” dengan di bantu oleh kelompok pemuda WIJA TOSORA berserta komponen masyarakat setempat.

Kegiatan ini sangat diapresiasi masyarakat karena diketahui bahwa dengan semangat gotong royong, dapat menjadikan Desa Tosora dalam keadaan zona aman, meski beberapa hari ini banyak warganya telah pulang dari perantauan, sebagaimana yang dilansirkan oleh Bidan Desa “Mirnawati, Amd. Keb.” bahwa terdapat … orang dalam pemantauan (ODP) dan sampai dipubliknya berita ini, belum ada tanda tanda atau gejala warga yang terinfeksi covid-19.

Kepala Desa Tosora, Asri Prasak Mas’ud sangat terharu bahwa dalam priode yang ketiga kalinya menjabat, mengaku salut dengan partisipasi dari komponen masyarakat yang sudah saling mengsupport, bergotong royong dan bahu membahu dalam meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan walaupun dalam keadaan kurang kondusif.

“Saya juga berharap kegiatan ini dapat menjadi proses pembelajaran yang betujuan untuk mengembangkan potensi diri pada warga dalam penanganan wabah ini, serta bermanfaat bagi warga untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari virus ini,” ujarnya.

Sejalan dengan surat edaran dan intruksi dari Pemerintah Daerah telah dibentuk Tim Relawan Desa Pada Tanggal 27 Maret 2020 Sebagai penopang Tim Gugus Covid-19 di tingkat Desa yang diinisiasi oleh Pemerintah Desa dalam memotong mata rantai penyebaran virus corona ini.

Koordinator Tim Regu Relawan Desa, Nasaruddin menuturkan, bahwa sesuai arahan kepala desa hal ini sudah menjadi tugas kami untuk membantu masyarakat dengan bekal pengetahuan dan ilmu yang telah mereka miliki.

“Semoga kita tetap terjaga dan terhindar dari wabah pandemi Covid-19,” harapnya.

Sebelumnya, Tim unit kerja relawan Desa, Suparno Sudah melakukan kegiatan penyemprotan dan pembagian cairan disinfektan untuk dipekarangan rumah warga dengan bekerja sama dengan Tim Damkar Kabupaten Wajo, pada Sabtu (02/4/2020) lalu. Kegiatan tersebut didukung oleh warga setempat.

“Senang rasanya, melihat pemerintah hadir ditengah tengah kami dan sangat peduli terhadap lingkungan sekitar,” Ujar Pengurus Masjid Taqwa Amessangeng, Khaeruddin.

Diketahui, disinfektan merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya.

Tim Relawan Desa saat ini telah menyiapkan sabun cair sebagai tindak lanjut dari gerakan ini untuk dibagikan ke warga Desa Tosora. (Laporan: Eko Wardana)

Editor : Edi Prekendes

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
error: Content is protected !!
Close
Close