BudayaRagam

Tim Dosen FKIP Uniprima Gelar Pembinaan Industri Rumahan Pengrajin Ekonomi Kreatif “Kampung Sutera” Menuju Desa Mandiri

BERITA WAJO – Kampung Sutera yang ada di Desa Pakkanna menjadi indikator keberhasilan dalam Pembinan generasi untuk meningkatkan ke skala dan level industri ekonomi kreatif menuju desa mandiri. Menciptakan pola kerja dalam konsep kreatif dan penjualan produk sutera,Pola produksi, dimana para penrajin dan penjual produk sutera mampu menciptakan manajemen pola industri yang stabil, dan pola distribusi yang lebih efesien untuk peingkatan skala dan level industri rumahan oleh para penrajin ekonomi kreatif sutera yang ada di desa Pakkanna Kab. Wajo. Serta perkembangan inovasi pembagunana keberlanjuta dalam kebijakan ekonomi kreatif adalah penyerapan tenaga kerja,yaitu (1). Tingkat upa, produktivitas, dan Tenaga kerja.

Pelaksanan Program dengan 3 aspek strategi yaitu cost leadership (Biaya Rendah termasuk biaya produksi, alatdan bahan baku, differentiation (Menciptakan produk yang berbeda dan unik), dan focus (Target pembeli, segmen produk dan Lokasi pemasaran). Terutama pada Tipe Differensiasi Diskoperindag Kab. Wajo lebih unggul dalam strategi ini. Adapun bentuk program adalah pembinaan, pelatihan, bimbingan teknis maupun workshop kewirausahaan yang di ikuti oleh para pelaku industri sutera ada di Desa Pakkanna.

Pada kegitan KKN-PPM merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk ini peningkatan skala dan level industri rumahan dengan melihat strategi yang dilakukan adalah (1) penetapan sumber modal, (2) penjualan pada 1 tempat, (3) peningkatan produk (4) mediah menjualan (5) pengembangan produk (6) penetapan aturan main lingkup usaha (7) penentuan harga dilapangan (8) pelatihan, (9) sosiaslisasi (workshop) oleh pengabdi, dan (10) hubungan vertikal. Strategi daya saing industri Sutera cukup baik jika dilihat dari 3 aspek strategi. Terutama pada Tipe Differensiasi Diskoperindag Kab Wajo lebih unggul dalam strategi pembinaan khalayak sasaran desa binaan.

Baca Juga : Sutra Berumur 60 Tahun Ditemukan di Tosora

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim KKN-PPM Universitas Puangrimaggalatung yang mendapat hibah dari ristekdikti dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan ini dikordinatori oleh Ibu Sumarni, S.Pd.,M.Pd. didampingi Ibu Erviana Abdullah, S.Sos., M.Si., serta beberapa mahasiswa kompeten yang telah diseleksi.

Program KKN-PPM yang dilaksanakan memiliki target dan luaran sebagai out put dan outcome untuk dijadikan laporan. Adapun target kegiatan ialah mengacu pada 5 faktor kunci utama yang menjadi strategi khalayak sasaran sebagai keberlanjutan usaha kreatif pegrajin ekonomi kreatif, yaitu(1). Lapangan kerja(2) peningkatan ekspor,(3) penyerapan tenaga kerja(4) kordinasi dengan institusi lain, dan (5) peningkatan produk UEK. Sementara itu, luaran yang diberikan kegiatan ialah , pertama menigkatkan sterategi keberlanjutan usaha pengrajin ekonomi kreatif, peningkatan produk usaha kreatif, penjulan pada 1 tempat, kordinasi degan instansi lain serta perkembangan sosial dan perilaku kewirausaha melalui penyerapan tenaga kerja. Kedua, menigkatkan sterategi keberlanjutan usaha pengrajin ekonomi kreatif, peningkatan produk usaha kreatif, penjulan pada 1 tempat, kordinasi degan instansi lain serta perkembangan sosial dan perilaku kewirausaha melalui penyerapan tenaga kerja.

Ketiga, menghasilkan dan perkembangan produk dari seluruh usaha ekonomi kreatif bercirikan etnis Bugis, sehingga mampu menciptakan karya ilmiah dari program KKN-PPM di desa Pakkanna. Keempat, terciptanya “Kampung Sutera”sebagai Desa industri rumhan berbasis ekonomi kratif dan menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga yang terkait. Keenam, pengadaan buku Panduan Industri Rumahan dan Manajemen Kewirausahaan untuk para kelompok pengrajin sutera di Kabupaten Wajo sebagai referensi sebagai optimalisasi pengelolaan produk sutera Sengkang sehingga siap ke pasar nasional dan internasional, yang dipublikasikan di media massa. Dan ketujuh, terciptanya model berkelanjutan untuk para pengrajin sutera bagian dari kegiatan penyuluhan pembangunan,Perkembangan Usaha Ekonomi Kreatif (UEK) untuk peningkatan industri rumahan pengrajin sutera di Kabupaten Wajo.

Editor : Edi Prekendes

Penulis : Muhsyanur Syarir

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close
Close