BeritaBudaya

Sejarah Kerajaan Wajo Terlupakan

BERITA WAJO – Bumi Lamuddukelleng dikenal memiliki sederetan raja (Arung) Matoa beserta kisah perjuangan, dan kerajaannya. Namun sangat disayangkan, ditemukan makam Arung Matoa Wajo ke IV La Taddangpare Puangrimaggalatung, desa Tosora, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo tidak terawat sebagaimana mestinya.

sejarah-kerajaan-wajo-terlupakan-2
Sumber Foto : Komunitas Matoa Kabupaten Wajo https://www.facebook.com/profile.php?id=100010333271359

Disekeliling makam Arung Matoa Wajo ke IV ditumbuhi rumput liar, batu nisan dan pagar tidak terawat dengan baik, dan seadanya saja. Disamping itu, Kondisi Makam yang tidak terawat, struktur bangunan memprihatinkan.

Dan bagi pejalan kaki melintas di areal makam salah satu Arung Matoa Wajo pasti tidak menduga dan percaya bahwa yang dimakamkan di sana adalah seorang tokoh, seorang raja yang pernah sangat berjasa menjadikan Wajo menjadi sebuah kerajaan besar di mata dunia.

Atas kondisi Makam Arung Matoa Wajo memprihatikan berbagai komentar bermunculan di media Sosial, salah satunya dari Raden Ayu Inggit UD mengatakan di akun Facebooknya, “Semoga ini bisa menjadi perhatian untuk Dinas Pariwisata dan Pemerintahan Kabupaten Wajo.”

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close
Close