BudayaRagam

RR Hadiri Lomba Perahu Dayung di Desa Pallimae Sabbangparu

BERITA WAJO – Acara Maccera tappareng atau acara mensucikan danau yang ditandai dengan pemotongan sapi atau kerbau hal ini merupakan ritual atau tradisi masyarakat yang sudah turun temurun yang ada dipnggiran sungai dalam hal ini masyarakat Salo Tengngae, Desa Desa Pallimae Kecamatan SabbangParu Kabupaten Wajo yang berada di belantaran Danau tempe.

Acara Maccera Tappareng ini yang dirangkaikan dengan Lomba Perahu Dayung dilaksanakan tiap tahunnya sebagai bentuk Kesukuran Masyarakat yang ada dibelantaran Danau Tempe terhadap Alam dan sang pencipta yang telah memberikan hasil Bumi nya kepada masyarakat yang bermukim dipesisr Danau.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wajo Rahman Rahim saat berkunjung dipesta nelayan balap perahu Dayung tersebut, menjelaskan, acara maccera Tappareng ini setiap tahunnya dirangkaikan dengan lomba perahu dayung, hal ini dilakukan masyarakat yang bermukin di Daerah Pesisir Danau sebagai bentuk kesukuran.

“Hari ini adalah Lomba perahu Dayung ini merupakan rangkain kegiatan sebagai tradisi masyarakat yang bermukim dipesisir Danau Tempe, setiap tahunnya mengadakan lomba perahu Dayung, namun sebelum Lomba perahu Dayung ini, didahului adat tradisi masyarakat, yaitu maccera Tappareng. Rangkaian dari acara maccera tappareng ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Desa Pallimae yang bermukim dipesisr Danau Tempe, Alhamdulillah antusias masyarakat yang hadir menyaksikan kemeriahan dari pesta nelayan ini.

Harapnya. Mudah-mudahan tradisi seperti ini tetap terlaksana setiap tahunnya dan tetap dijaga kelestariannya, sebab ini merupakan salah satu warisan budaya yang ada di Kabupaten Wajo.

Hal Serupa yang diungkapkan oleh Kepala Desa Pallimae Masse Jafa Lomba Perahu Dayung ini suatu rangkaian acara dari maccera tappareng sekaligus juga merupakan pesta nelayan dari masyarakat yang ada di Desa Pallimae serta menyambut Ulang Tahun Hari Kemerdekaan RI yang ke 73, 17 Agustus 2018.

“Acara Maccera Tappareng ini rangkaian acaranya Lomba Perahu Dayung dan disebut juga sebagai pesta nelayan yang di Desa Pallimae serta sekaligus menyambut Ulang Tahun Hari Kemerdekaan RI yang ke 73. Kegiatan ini kita laksanakan hampir tiap tahun, disinilah juga masyarakat nelayan merasa terhibur dan melepaskan rasa lelahnya sambil melaksanakan acara syukuran ini”. Ungkapnya Kepala Desa

Lomba Perahu Dayung ini yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Pallimae dihadiri oleh berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Wajo dan bahkan juga di ikuti oleh masyarakat dari Kabupaten Soppeng.

“Alhamdulillah kegiatan ini di ikuti oleh berbagai kecamatan yang ada di kabupaten Wajo dan juga ada dari kabupaten tetangga kita dari Soppeng, disinilah Nampak antusias masyarakat mengikuti perlombaan ini”. Ungkapnya.

Masyarakat setempat khususnya yang hadir dalam acara tersebut merasa bersyukur dan berbangga atas kehadiran dari salah satu anggota DPRD Wajo, dalam hal ini Wakil Ketua DPRD Wajo Rahman Rahim yang telah menempatkan waktu untuk berkunjung dalam pesta nelayan tersebut.

“Dari kehadiran anggota DPR kita, disinilah kita bisa melihat anggota DPR betul-betul memperhatikan kegiatan masyarakat dengan terjun langsung menyaksikan kegitan masyarakat yang ada di Desa Pallimae ini, saya mengucapkan banyak terima kasih dan merasa berbangga atas kehadiran bapak Wakil Ketua DPRD Wajo pada hari ini”. Syukurnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close
Close