Ragam

Pembentukan Forum Komunikasi Masyarakat Keera Guna Percepatan Pemekaran Desa

BERITA WAJO – Di Ballere bertempat di Lasehan Nurul Sore tadi 26 April 2019, Masyarakat Keera menyelenggarakan Pembentukan Forum Komunikasi Masyarakat Keera. Dalam forum ini Tidak banyak orang yang hadir, hanya perwakilan tiap desa. Nanti pada saat pengukuhan baru akan membuat acara besar-besaran.

Forum Komunikasi Masyarakat Keera (FKMK) dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah terkhusus di Kecamatan Keera demi tercapainya pemberdayaan masyarakat yang lebih maju dan sejahtera.

FKMK sebagai Wadah Aspirasi Masyarakat yang berorientasi ke Pemekaran Desa Kecamatan Keera.
Kecamatan Keera yang berjumlah 9 Desa dan 1 Kelurahan terbentang di Pesisir Utara Kabupaten Wajo. Kecamatan Keera yang dikenal dengan Nama “Bumi Masiang” mempunyai banyak potensi dalam pengembangan daerah baik dari sektor pertanian, perkebunan, tani tambak dan lain sebagainya. Dengan potensi yang ada di Kecamatan Keera, yang mana mempunyai luas di atas rata-rata maka perlu ada “Tudang Sipulung” untuk mewacanakan Pemekaran Desa.

Ketua Terpilih Sementara Khaeril Akbar mengatakan ; “Dalam era reformasi dewasa ini, kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Atas dasar itulah FKMK menguraikan mengenai tujuan dibentuknya organisasi masyarakat dalam hal pembangunan daerah.

Menindaklanjuti Program Kerja dari masyarakat Kecamatan Pitumpanua yang jauh hari sebelumnya telah mewacanakan Pemekaran Desa Di Kecamatan Tersebut. Dan Alhamdulillah hasil dan kinerja mereka tercapai dan telah memekarkan beberapa Desa di Kecamatan Pitumpanua.

Sekretaris Abdul Wahab Dai mengatakan : “Pemekaran desa menjadi prioritas asalkan segala persyaratannya dianggap cukup. Selain itu, perlu dilihat dari seberapa jauh urgensi pemekaran tersebut. Karena implikasi pemekaran bukan hanya dana desa, tetapi juga puskesmasnya, koramilnya dan polseknya nanti. Dengan ini akan terjadi pemerataan pembangunan.

Masalah Alur Prosedur dan Mekanisme Pemekaran Desa menurut UU Desa itu akan di pelajari lebih lanjut. Dengan terbentuknya FKMK maka perlu nantinya ada pengukuhan anggota sehingga upaya-upaya yang kita lakukan itu transparan dan mempunyai legalitas”
Terima kasih.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close
Close