DaerahHukum

Kejari Amankan Mantan Kadis PU Wajo

 

BERITA WAJO – Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Wajo dieksekusi pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Sengkang terkait kasus terpidana korupsi pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Andi Ninnong Jumat, 13 Januari 2017.

Bustamin Betta, dieksekusi pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Wajo di depan Masjid Muhammadiyah jl Korban 40.000 Kota Sengkang, Kelurahan Padduppa, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo selepas melaksanakan shalat jumat.

Pria berusia 61 tahun itu yang juga diketahui Mantan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan resmi ditahan setelah Putusan Pengadilan Negeri Makassar Nomor : 24/Pid.Sus.Kor/2015/PT.MKs tanggal 23 Juni 2016 Jo. Putusan Pengadilan Makassar Nomor : 30/Pid.Sus.TPK/2014/PN.MKS tanggal 09 Desember 2014 telah berkekuatan hukum tetap. Karena baik terdakwa maupun jaksa penuntut umum tidak mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Pada putusan tersebut, terpidana Bustami Betta divonis penjara selama satu tahun dan membayar denda atas perbuatannya itu kepada negara sebesar Rp50 juta subsidiair dua bulan kurungan.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Wajo, Greafik membenarkan penjemputan terhadap terpidana. Greafik mengatakan, saat dieksekusi terpidana tidak melakukan perlawanan. Terdakwa sangat koperatif.

“Setelah berhasil diamankan maka terpidana dibawa oleh Jaksa untuk selanjutnya melengkapi berkas administrasi perkara di kantor Kejaksaan Negeri Wajo, Saat ini,terdakwa sudah dibawa ke Lapas Kelas 1 A Makassar untuk menjalani pidana badan sesuai dengan putusan pengadilan,”terangnya.

Sekedar diketahui, Bustamin Betta merupakan terpidana kasus Korupsi Pembangunan GOR Andi Ninnong Tahun anggaran 2008, dan merupakan terpidana terakhir yang di eksekusi oleh tim Jaksa Kejaksaan Negeri Wajo, jauh hari sebelumnya rekan lainnya sudah dieksekusi dalam perkara yang serupa.

“Yaitu, Drs. Suriadi, Drs. H. Adam Hasan, Ir. Muhammad Dahyar Syam, Haslinda dan Ir. Ansyarullah Kadir di tahun 2016 yang lalu sudah kita eksekusi, dan ini yang terakhir mantan Kadis PU Kabupaten Wajo, Bustamin Betta,” lanjut Grafik.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close
Close