Kriminal

Hipnotis: Gandakan Uang Berkedok Penipuan Pelaku Diamankan Polsek Keera

BERITA WAJO – Diduga pelaku tersangka melakukan penipuan dan penggelapan dengan cara mengosongkan pikiran (hipnotis) serta memperlihatkan sesuatu kenyakinan agar apa yang ia minta dapat dituruti korbannya.

Satuan Jajaran Polsek Keera berhasil mengamankan pria paruh baya di Dusun Wirae Desa Lalliseng Kec. Keera Kab. Wajo.
Selasa 05/02/2020.

Berdasarkan hasil introgasi Kapolsek Keera memaparkan kronologi dimana pada saat itu pelaku menyuruh korban untuk mengambil beras, garam, piring, telur, teko (tempat air).

Kemudian pelaku memasukkan uang 1 lembar uang kertas pecahan Rp 100.000, kedalam teko (tempat air) yang tidak dilihat oleh sikorban, kemudian diisi air dan diaduk setelah itu, ditutup dengan kain coklat kotak-kotak kemudian membuka penutup teko (tempat air), untuk mengelabui korbannya.

Bahkan setelah itu pelaku melepaskan kalung perhiasannya yang mirip emas selanjutnya dipakaikan keleher korban untuk bisa melihat uang yang ada didalam teko (tempat air) pada saat ketiga kalinya pelaku buka, dan hal tersebut ia lakukan didalam kamar korban, papar Iptu Nasrul.

“Korban pun sangat yakin dan tanpa ada ragu sedikit pun, karena sempat dipraktikkan di depannya dan memang ada uang yang dia lihat, uang itu asli, bahkan untuk pembuktian selanjutnya korban pun di minta untuk pergi membelanjakannya”.

Lanjut Iptu Nasrul, mengatakan bahwa bahkan setelah korban yakin sipelaku kembali meminta uang kepada korbannya sebanyak Rp 6.000.000,

Setelah itu, pelaku pun pulang ke arah Palopo, keesokan hari pelaku kembali ke warung korban dan meminta lagi uang tambahan sebesar Rp 2.5000.000,- (dua juta Lima ratus ribu rupiah) serta ke saudara korban sebesar Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah).

Pada saat korban membuka kantong plastik korban pun merasa curiga sehingga korban menelpon pelaku, untuk meyakinkan korban pelaku datang ke warung korban dan pada saat itu korban mendesak pelaku mengembalikan uang serta emas korban.

Namun pada waktu itu pelaku hanya mengembalikan uang korban sebesar Rp 9.900.000, sehingga korban mengalami kerugian Rp 6.600.000, ditambah emas 3,920 gram seharga Rp 2.400.000, jumlah keseluruhan kerugian sekitar Rp 10.000.000

Hingga kini pelaku harus diamankan di Mapolsek Keera guna untuk penyelidikan lebih lanjut.(AH)

Editor : Edi Prekendes

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close
Close