Sosial

Cegah Corona, IKASMADA 30 Adakan Tiga Kegiatan Sekaligus

BERITA WAJO – Dalam upaya mencegah penularan dan penyebaran Coronavirus Diseases (Covid-19), belasan alumni tahun 2016 SMA Negeri 3 Wajo (Eks SMA Negeri 2 Sengkang) yang tergabung dalam forum IKASMADA 30 mengadakan tiga kegiatan sekaligus, antara lain penyemprotan cairan disinfektan, pembagian masker gratis, dan pengadaan tempat cuci tangan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu pagi, 22 April 2020 yang diawali dengan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa Masjid yang terdapat di tiga Desa/Kelurahan. Ketiga Desa/Kelurahan yang dipilih ini antara lain Desa Pakkanna, Desa Assorajang, dan Kelurahan Mattirotappareng.

Pemilihan ketiga desa/kelurahan ini atas pertimbangan lokasinya yang tidak jauh dari Kampus SMA Negeri 3 Wajo, serta merupakan tempat yang rawan dikarenakan keadaan lokasi yang masih cenderung ramai akan aktivitas masyarakat. Adapun sasaran penyemprotan cairan disinfektan ini yaitu tempat-tempat umum yang sering dikunjungi oleh masyarakat antara lain kantor desa/lurah, masjid, dan pasar.

Salah satu pelaksana kegiatan, Jumardilla, dalam pernyataannya via Whatsapp mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selain untuk mencegah penularan dan penyebaran Virus Corona, juga sebagai ajang silaturahmi alumni tahun 2016 SMA Negeri 3 Wajo yang selama ini telah jarang berkumpul semenjak pisah tamat di tahun 2016 lalu.

“Tujuannya untuk menjalin silaturahmi sesama alumni SMADA (SMA Negeri 2 Sengkang) dengan melakukan upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran virus corona.” Ucap Jumardilla. Tidak jauh berbeda dengan pernyataan Jumardilla, peserta aksi yang lain, Muhammad

Khudri juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini selain untuk meringankan beban masyarakat, juga sebagai ajang untuk meningkatkan kesadaran teman-teman alumni untuk peduli dengan keadaan sosial dan turut terjung langsung dalam memberikan bantuan.“Selain untuk meringankan beban masyarakat, juga untuk membangkitkan kesadaran kolektifitas kawan-kawan alumni, masyarakat ataupun komunitas untuk lebih peduli menyangkut kebutuhan sosial.”

Tambah Khudri Selain mengadakan penyemprotan disinfektan, dalam rangkaian kegiatan ini dilanjutkan pula pembagian masker pada sore harinya kepada para pedangan pasar sore Tanjong Manik dan pengguna jalan yang melintas di pertigaan Jl. Rusa dan Jalan Budi Utomo, tidak jauh dari lokasi SMA Negeri 3 Wajo. Pedagang dan pengguna jalan dipilih sebagai sasaran penyaluran masker gratis atas dasar pertimbangan bahwa mereka tetap harus beraktivitas di luar demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan tidak lepas dari partisipasi aktif dan donasi dari teman-teman alumni yang berupa uang tunai, cairan disinfektan, dan masker. Harapannya, dengan adanya kegiatan seperti ini teman-teman Alumni SMA Negeri 3 Wajo yang menyebar di berbagai daerah tidak lupa untuk kembali dan membagun kampung halaman dengan segala kesuksesan dan ilmu baru yang diraihnya di tanah rantau.
“Merantau untuk belajar, kembali untuk membangun”.

Semoga kalimat itu menjadi motivasi awal buat teman-teman alumni yang sudah jauh-jauh keluar daerah untuk belajar maupun yang kuliah di daerah biar lebih produktif ketika sudah kembali di tanah kelahiran. Ucap Khudri yang juga dimintai tanggapannya via Whatsapp. Kegiatan ini ditutup dengan pembelian gentong air hasil dari donasi yang terkumpul

Untuk selanjutnya akan dijadikan sebagai wadah mencuci tangan yang selanjutnya akan dipasang di pasar sore Tanjong Manik sebagai salah satu tempat yang sering dikunjungi masyarakat dan merupakan sentral perputaran ekonomi masyarakat setempat. Dari berbagai rangkaian kegiatan ini, diharapkan Virus Corona dapat ditanggulangi secara cepat dan tepat agar pandemi virus ini segera berakhir sehingga perekonomian masyarakat kembali stabil seperti semuala.

“Untuk para Alumni SMADA agar kiranya berpartisipasi dan meningkatkan rasa solidaritas sesama alumni. Untuk pemerintah agar kiranya membuat suatu regulasi terkait penanggulangan virus corona secara cepat dan tepat. Semoga virus ini cepat berlalu dan perekenomian kembali stabil dan normal.” Tutup Jumardilla.

Sumber : Ammar Mahir Hilmi

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close
Close