Daerah

Bupati Wajo Membuka Pameran Expo Bumdes dan Gelar Inovasi (1)

BERITA WAJO – Bupati Wajo membuka Pameran Bumdes Expo di Atakkae yang merupakan rangkaian kunjungan kementerian Desa dan Transmigrasi, Selasa 17 september 2019.

Laporan dari kepala Dinas PMD Syamsul Bahri, S.IP., M.Si. yang menyampaikan bahwa yang melatarbelakangi dari pelaksanaan expo ini berangkat dari nawacita Bapak Jokowi yang ingin membangun desa dari pinggiran yang salah satu program unggulannya adalah bagaimana membangun dan menggerakkan inovasi desa dan membangun ekonomi desa dari pelosok penggerak yaitu Bumdes.

Dan dikatakan kalau Ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Wajo khusus Visi dari Bupati dan Wakil Bupati Wajo yang di urai dalam 25 program nyata yang salah satunya dalam membangun inovasi setiap Kecamatan, menggerakkan roda perekonomian, roda pemberdayaan di masyarakat di Kabupaten Wajo dengan program inovasi Kecamatan yang didukung oleh inovasi setiap desa.

“Expo ini kita laksanakan dengan tujuan salah satunya adalah bagaimana seluruh desa di Kabupaten Wajo menunjukkan hasil inovasinya masing-masing, berdasarkan produk unggulan dan potensi desa masing-masing melihat antar desa satu dengan desa yang lain,” jelas Syamsul Bahri, S.IP., M.Si.

Lanjut dikatakan kalau diharapkan seluruh desa menggeliat inovasinya, program inovasi Desa untuk mendukung program Bupati lima tahun kedepan, peserta Expo kali ini ada 13 Kecamatan dan setiap Kecamatan hadirkan seluruh desa masing-masing di stand tersebut.

“Sedianya pelaksanaan Expo ini juga dirangkaikan dengan kunjungan jajaran Kementerian desa dan Transmigrasi yang akan di agendakan hari Kamis, untuk itu kita menerima dengan berbagai rangkaian agenda yang tetap akan kita laksanakan,” kata Kepala Dinas PMD.

Dilaporkan juga bahwa sebagai rangkaian pelaksanaan expo ini ada beberapa kegiatan sebagai wujud Monitoring evaluasi dan pemberian reward kepada pelaku inovasi Bumdes di desa.

“Kategori inovator Desa akan kami berikan penghargaan dan penilaian terhadap inovator inovator di desa dan Kecamatan masing masing,” ungkap Syamsul Bahri, S.IP., M.Si.

Dan lebih lanjut kalau ketegori terbaik juga akan diadakan penilaian secara khusus dan sudah dinilai secara bertahap sebelumnya, dan juga akan memberikan penilaian terhadap tampilan stand dari setiap Kecamatan, penilaiannya bukan saja melihat casing yang bagus tetapi apakah di dalam stand itu menampilkan Inovasi dan Bumdes masing-masing di setiap Kecamatan.

Lanjut Berita : Bupati Wajo Membuka Pameran Expo Bumdes dan Gelar Inovasi (2)

Sumber : Informasi Humas Pemda Wajo 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close
Close