Ragam

BPBD Wajo Gencar Lakukan Sosialisasi Edukasi Mitigasi

BERITA WAJO – Bencana alam merupakan sebuah proses alam yang tidak bisa dihentikan oleh tangan tangan nakal manusia.

Kita hanya bisa mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya bencana, Oleh karena itu, edukasi terhadap Mitigasi Bencana harus menjadi prioritas kita bersama antara pemerintah dan masyarakat, Kamis 13/02/2020.

Berdasarkan hal itu maka BPBD Kab. Wajo melaksanakan Edukasi Mitigasi bencana di SDN 75 Ujung Pero Kec.Sabbangparu, beberapa waktu yang lalu.

Diketahui Sekolah ini pernah terkena dampak luapan Sungai Walennae akibat tingginya curah hujan.

Kegiatan ini di ikuti Siswa berjumlah 83 orang dan guru 9 orang.

Baca Juga : Gelar Edukasi Mitigasi, BPBD Target Usia Dini

Dalam kegiatan tersebut, menurut Ardi Anugrah mengatakan tentunya pendidikan Mitigasi bencana sudah saatnya untuk menjadi bagian dari kurikulum pendidikan Indonesia. Mengingat seringnya bencana melanda negeri ini dan banyaknya korban yang timbul akibat bencana.

Ada dua jenis bencana alam yang diambil sebagai tema edukasi yang disesuaikan dengan konteks geografis sekolah, yaitu gempa bumi untuk sekolah yang terletak di lokasi rawan gempa bumi dan banjir untuk lokasi sekolah yang tepat berada di sekitar banratan dengan sungai, ujar Ardi

Sementara itu, Edukasi tanggap bencana yang ditujukan bagi siswa SD dinilai penting karena bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Pada jenjang ini, anak-anak mulai belajar mandiri dan mulai menghabiskan waktunya di sekolah di luar pengawasan orang tua, dikhawatirkan, bencana terjadi saat mereka sedang tidak bersama orang tua.

Salah seorang warga sekolah pun berharap dengan Edukasi Mitigasi kita dapat mengetahui potensi ancaman di sekitar dan dapat mengenali antisipasinya jika terjadi bencana.(AH)

Editor : Edi Prekendes

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close
Close